Pengaruh Masjid Dalam Politik Amerika

Di Amerika, Masjid digunakan bukan hanya sekedar tempat di mana umat Muslim berdo’a.

Masjid lebih dianggap sebagai rumah spiritual bagi komunitas muslim, hubungan budaya, sosial dan pusat kesadaran politik yang menjadi satu.

“Fungsi dasar dari pusat Islam pada khususnya di Amerika adalah untuk menampung kebutuhan keagamaan, spiritual, sosial dan kebutuhan warga negara dari anggotanya.,” Imam Mahdi Bray, Direktur eksekutif dari Yayasan Kebebasan MAS (MAS Freedom Foundation),

“Singkatnya, dakwah, pendidikan, dan pelayanan komunitas.”

Abdus Sattar Ghazali, seorang sarjana dan penulis yang berbasis di California, menetapkan bahwa Masjid-Masjid dan Pusat Islam memainkan sebuah peranan yang sangat penting bagi komunitas Muslim Amerika.

“Banyak pusat Islam mempunyai balai yang sangat luas dimana anggota komunitas dapat mengadakan acara sosial mereka di sana,” ia mengatakan.

“Beberapa pusat Islam memiliki sekolah-sekolah Islam di mana anak-anak belajar dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai SMA.”

Dawud Walid, Direktur Eksekutif dari Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) cabang Michigan, menetapkan bahwa masjid-masjid di Amerika Serikat memiliki lebih banyak tanggung jawab dari pada masjid-masjid yang berada di negara-negara Islam.

“Peranan dasar dari pusat Islam di Amerika tidak hanya untuk melayani kebutuhan spiritual tetapi juga melayani sebagai penghubung untuk sosialisasi”.

Ia percaya bahwa Masjid-Masjid memainkan peranan dalam menyembuhkan sosio-etnik yang dalam menurut sejarah membagi di dalam komunitas Muslim.

“Komunitas dapat menjadi lebih dipersatukan selama pusat-pusat Islam berkomunikasi satu sama lain dan menghindari isolasi berdasarkan variasi etnik.”

Masjid-masjid dan pusat-pusat Islam juga memainkan sebuah peran kunci dalam meningkatkan kesadaran politik di antara komunitas Muslim.

“Sebagai aktivis Muslim, saya tidak dapat lebih menekankan pentingya dampak yang pusat-pusat Islam, imam, dan khotbah mainkan dalam meningkatkan kesadaran diantara Muslim,” Bray mengatakan.

“Pada faktanya, pusat-pusat Islam adalah komponen yang paling penting di dalam komunitas Islam dalam melengkapi fungsinya.”

Menjadi seorang Imam, Sheikh Shaker Elsayed dari masjid Al-Hijra dan pusat Islam di Falls Church, Virginia, menegaskan bahwa kesadran politik merupakan bagian yang penting dari aktivitas-aktivitas masjid.

“Kami telah sangat terlibat dalam proses politik,” ia mengatakan kepada IOL.

“Kami bekerja dengan Gubernur, Senator dan anggota Kongres jadi menanyakan pertanyaan-pertanyaan dan menanyakan isu-isu untuk kepentingan komunitas kami.”

Selama pemilihan presiden baru-baru ini, Masjid memainkan sebuah peranan penting dalam mobilisasi Muslim untuk mendaftarkan dan memilih.

89 persen dari pemimpin Masjid percaya bahwa Muslim harus lebih terlibat dalam proses politik, menurut sebuah studi pemahaman yang diadakan CAIR.

Walid, pemimpin CAIR Michigan, percaya peranan kesadaran politik dari Masjid-Masjid dapat menjadi senjata untuk memerangi Islamophobia, yang telah semakin buruk di Amerika Serikat semenjak serangan 9/11.

Pusat-pusat Islam memiliki sebuah peranan kunci dalam menciptakan kesadaran dalam semua masalah yang mempengaruhi kehidupan dari pentingnya pendidikan untuk kebutuhan Muslim menjadi secara kewarganegaraan terikat dengan masyarakat yang lebih luas, yang merupakan cara terbaik untuk memerangi Islamophobia.”

sumber :suramedia.com


0 komentar:

Post a Comment